Interior rumah harus selalu bisa membuat nyaman orang-orang yang ada didalamnya. Ramah dimata, perabotnya enak bisa digunakan secara maksimal serta membuat senang saat ditempati. Untuk itu, Anda harus bisa menata rumah dengan sebaik mungkin, rapi dan selalu membersihkannya setiap hari.

Kalau bicara tentang interor rumah, yang paling penting dan utama adalah ruang tamu. Bagian ruang tamu ini harus tampil sempurna dengan pewarnaan dinding dan perabot yang sesuai. Sebab, ruangan ini kesan pertama dari penilaian rumah Anda. Dapur juga begitu penting karena disana merupakan tempat memasak dan sebagian waktu dihabiskan para ibu rumah tangga disana. Interior kamar pun mesti mewakili karakter dan menciptakan kenyamanan bagi penggunanya.

Seiring dengan perkembangan jaman, trend interior rumah berubah dari waktu ke waktu. Bahkan, yang paling diminati akhir-akhir ini ialah trend untuk rumah minimalis. Tentu saja, semakin sempit lahan, rumah minimalis bisa menjadi solusi paling apik.

Namun, dengan desain yang tepat, rumah minimalis bisa menjadi hunian yang sangat nyaman loh. Maka, Anda harus mengerti akan hal tersebut, lalu mengikutinya agar tidak terkesan kuno dan membuat tampilan rumah semakin menarik lagi.

Berikut ini 5 trend interior rumah minimalis Anda

Warna yang cerah

Sekarang ini warna-warni yang cerah seperti orange, hijau dan kuning mulai dipakai lagi. Anda bisa memadukan warna perabot dengan cat dinding supaya terlihat mencolok dan membuat ruangan lebih ceria.

Kini, Anda tidak perlu takut memasang warna cat cerah lalu orang akan mengatakan bahwa Anda terlalu lebay. Karena faktanya, warna rumah yang cerah kini banyak diburuh oleh orang-orang yang mengincar trend dan kenyamanan. Jika Anda memang menyukainya, kenapa tidak?

Elemen metal

Trend elemen metal masih menjadi favorit bagi ruangan yang minimalis. Metal yang berwarna lembut seerti emas dan tembaga akan selalu menjadi trens. Warna silver dan putih juga menimbulkan kesan luas dan terus digunakan dari tahun ke tahun. Nah, kesan dingin yang dimunculkan oleh elemen metal dapat diimbang dengan warna furniture kayu yang hangat.

Furniture yang multifungsi

Untuk mempermudah melakukan aktivitas sehari-hari, furniture yang mulitifungsi sangat tepat dan menampilkan konsep praktis. Ada rak ramping yang bisa dipakai sebagai tempat penyimpanan sekaligus untuk pembatas ruangan. Furniture dua fungsi ini akan menghemat area ruangan Anda. Hal ini menjadikan ruang gerak Anda sekeluarga leluasa.

Dengan pola ini, rumah minimalis Anda pun tidak akan sesak oleh furniture yang terlalu mubadzir. Kesan minimalis bahkan semakin kentara begitu Anda berhasil meramu furniture yang multiguna di rumah Anda. Pun hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran yang seharusnya untuk dua benda, menjadi cukup satu saja.

Pakai dekorasi alami

Setelah membeli rumah dijual di Jakarta, tentu Anda harus membuatnya berbeda dari sebelumnya. Anad dapat memakai dekorasi alam untuk menjaga kesegaran mata. Tambahkanlah tanaman kecil beserta vas bunga di meja atau sudut ruangan Anda. Atau buatlah pajangan kayu yang digantung atau vas dari bahan kaca. Dengan begitu, menciptakan suasana alam yang menyejukkan.

Lengkapi dengan furniture bergaya lainnya

Furniture berdesain modern cocok sekali untuk menghidupkan nuansa rumah Anda. Tambahkan motif-motif vintage pada karpet dan bantalannya sebagai pelengkap ruangan. Untuk luar ruangan agar tidak kaku, meski halaman sempit cobalah tuk tetap memberikan space untuk taman. Untuk itu, Anda bisa memanggil tukang taman Jakarta agar bisa mendesainkan taman terbaik untuk rumah minimalis Anda.

Dengan membangun taman di halaman rumah Anda, spot ini bisa untuk bersantai melepas penat. Begitu Anda capek kerja seharian di kantor, rasa capek itu akan lenyap ketika Anda memandangi teman di halaman rumah.

Menjadikan Rumah Mungil Terasa Luas

Memiliki rumah berukuran lebih dari 300 meter persegi rasanya hampir tidak mungkin untuk terjadi, terlebih bila Anda tinggal di kota besar seperti Jakarta yang tak lagi memiliki lahan kosong yang luas untuk dijadikan rumah huni. Kalaupun ada, harganya pasti selangit.

Hal ini membuat penduduk di kota besar lebih memilih untuk tinggal di apartemen atau harus berpuas diri dengan membuat rumah berukuran mungil. Namun jangan khawatir, memiliki rumah yang berukuran mungil tidak menghambat Anda dari memiliki rasa nyaman dan betah di rumah sendiri.

Nah, setelah Anda metapkan interior desain yang pas, Anda hanya perlu menambahkan sedikit sentuhan agar rumah minimalis Anda lebih nyaman. Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda terapkan agar rumah mungil Anda terasa luas!

Memasang Kaca di Dinding Rumah

Adanya kaca sebagai penghias di dinding rumah Anda akan menimbulkan ilusi optic dan menjadikan mata Anda melihat ruangan sekeliling menjadi dua hingga tiga kali lebih luas dari kenyataannya. Hal ini dikarenakan kaca memiliki sifat yang memantulkan cahay, hal mana itu akan membuat ruangan terlihat lebih luas dari aslinya.

Tidak Menempatkan Furnitur atau Barang Tak Terpakai

Memiliki pajangan atau furniture yang berfungsi sekedar untuk penghias atau peramai ruangan merupakan kesalahan besar. Hal ini dikarenakan banyaknya pajangan akan ‘membanting’ luas ruangan dari rumah Anda dan justru membuat kesan ruangan di rumah menjadi semakin sempit dan sesak. Pastikan untuk hanya menempatkan furniture atau barang yang memang Anda butuhkan di dalam rumah agar space kosong banyak tersedia.

Menjadikan Warna Terang sebagai Warna Dominan

Sama seperti kaca, fungsi menggunakan warna terang sebagai warna yang dominan adalah untuk memberi kesan luas pada rumah Anda. Anda bisa memilih dinding putih dengan lantai broken white sebagai warna dominan karena kedua warna tersebut merupakan warna paling terang dan ampuh untuk memberi kesan luas pada rumah Anda.

Menggunakan Perabot Multifungsi

Memiliki perabotan multifungsi seperti tempat tidur yang kolongnya bisa dijadikan lemari, atau meja belajar yang bagian atasnya bisa dijadikan rak buku, dapat menghemat space kosong di ruangan rumah Anda dan menjadikannya terasa luas. Selain itu, pada umumnya harga perabotan multifungsi lebih rendah dibandingkan dengan perabotan yang hanya memiliki satu fungsi.

Memasang Jendela yang Besar

Jendela besar, sama seperti kaca, akan memberi kesan luas pada rumah Anda. Hal ini disebabkan jendela memantulkan cahaya dari luar yaitu cahaya matahari sehingga membuat ruangan terang benderang di siang hari. Lebih baik lagi apabila Anda tidak memberi aksesoris berlebihan pada jendela Anda.

Singkirkan Barang yang Tak Lagi Terpakai

Buang barang yang tidak lagi bisa digunakan, dan sumbang barang yang sudah tidak Anda butuhkan namun masih berguna untuk orang lain seperti tempat tidur bekas, lemari bekas, dan barang lainnya. Selain untuk memberi kesan luas pada rumah, hitung-hitung menambah pahala, bukan?

Pembaca yang baik hati, demikianlah serangkaian ulasan kami mengenai trend desain interior untuk rumah minimalis, sekaligus bagaimana menjadikan rumah minimalis terasa luas. Dengan desain yang tepat, maka rumah minimalis Anda akan semakin nyaman dihuni.