Bagi anda yang ingin memasarkan produk atau jasa anda di Facebook, maka ada baiknya anda mengetahui cara membuat Facebook Page untuk mengembangkan bisnis anda.

Facebook Page adalah profil publik yang bisa digunakan untuk bisnis, organisasi, brand, selebriti dan lainnya. Berbeda dengan profil Facebook biasa untuk perorangan, Facebook Page adalah profil yang lebih highly effective yang didesain untuk memasarkan sesuatu. Ingin lebih dikenal atau mendapatkan lebih banyak pembeli, ini lah cara yang anda butuhkan.

Sebelumnya saya sudah bahas Cara Jualan Online di Facebook agar Laris Manis untuk Pemula dengan profil Facebook anda. Disana dijelaskan kalau anda memasarkan produk secara pribadi paling maksimal hanya akan dilihat oleh 5000 teman.

Itu pun tidak semua orang akan melihatnya karena ada faktor seperti faktor engagement dan sistem kronologi posting agar bisa muncul di linimasa teman anda.

Dengan Facebook Page, anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan bahkan hingga tidak terbatas, setidaknya melebihi 5000 orang. Selain itu Facebook Page memang di-desain untuk memaksimalkan bisnis, brand, organisasi, dan lainnya agar bisa menjangkau orang sebanyak-banyaknya.

Agar lebih jelas, yuk simak penjelasan dibawah ini.

Kenapa Anda Harus Membuat Facebook Page?
Bagi anda pemilik bisnis, memaksimalkan peranan media sosial untuk memasarkan produk adalah hal yang vital. Karena media sosial merupakan website yang paling sering diakses oleh pengguna internet setiap hari dibanding web site lainnya.

Melihat begitu banyak pengguna, ini adalah kesempatan besar untuk bisnis anda mendapatkan lebih banyak buyer.

Jika tujuannya adalah untuk memasarkan produk di Facebook, maka anda harus mampu memaksimalkan semua fitur yang ditawarkan di Facebook Page yang tidak ada di laman profil Facebook biasa.

Contoh Facebook Page bisnis milik market Tokopedia

Setidaknya ada 6 alasan kenapa anda harus membuat Facebook Page untuk bisnis anda.

1. Agar Lebih Mengenal Target Market Anda
Facebook Page dipersenjatai dengan fitur-fitur untuk anda sang pemilik bisnis untuk kenal lebih baik dengan goal market anda. Orang-orang yang menyukai laman Facebook Page anda kemungkinan besar karena mereka tertarik dan ingin tahu lebih banyak tentang bisnis anda. Saat calon customer mendapatkan informasi terupdate yang anda bagikan, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengoleksi informasi dari partisipasi mereka.

Facebook Insights adalah salah satu fitur dalam Facebook Page untuk membantu anda menganalisa fans anda. Mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi hingga tingkat interaksi mereka dengan postingan anda. Dari informasi tersebut, anda bisa lebih mengetahui kira-kira teknik advertising apa yang paling tepat digunakan ke goal market anda.

2. Memanusiakan Bisnis Anda
Koneksi sosial dan komunikasi yang baik adalah bagian integral di media sosial. Kalau anda perhatikan, beberapa perusahaan yang established dengan baik mulai memasukkan karakter humanis dalam berinteraksi dengan fans/follower mereka di media sosial.

Dengan Facebook Page, anda bisa membuat karakteristik dari perusahaan anda dengan cara yang lebih humanis melalui interaksi satu lawan satu dan cara interaksi yang tidak terlalu kaku.

Anda bisa perhatikan beberapa perusahaan banyak yang ikut membuat meme saat ada sesuatu yang viral, membuat kuis dan giveaway, interaksi yang menyenangkan, dan lain sebagainya. Gaya komunikasi seperti ini lebih disukai orang karena lebih menyenangkan.

three. Membuat Komunitas/ Follower Setia
Facebook Page merupakan tempat yang tepat untuk mendapatkan informasi evaluate, opini, keluhan dan feedback langsung dari buyer anda. Informasi yang didapat ini bisa langsung anda tindak lanjuti agar membuat bisnis anda menjadi lebih baik lagi.

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk membangun komunitas dari fans anda seperti :

* Memberikan link informasi yang berguna dan relevan.
* Meminta fans untuk berkomentar.
* Mengoranisir kontes dan promosi.
* Menjadi tempat untuk mendapatkan evaluate dan suggestions.
* Memeberikan insentif.

Jika anda berhasil membangun komunitas dengan baik melalui Facebook Page, anda bisa membangun foundation loyal customer yang akan terus berkembang.

four. Baik untuk Search Engine Optimization (SEO)
Facebook merupakan sumber visitors yang sangat efektif untuk ke web site atau weblog yang anda punya.

Artikel, link dan tombol CTA lainnya yang ada dalam Facebook Page anda bisa mendongkrak skor web optimization anda oleh mesin pencari seperti Google dan Bing. Seperti yang saya jelaskan di artikel Off-Page web optimization : Panduan Meningkatkan Hasil Pencarian Dari Luar Website, traffic dari media sosial juga dipertimbangkan untuk menentukan skor di hasil pencarian.

Jadi sudah menjadi sesuatu yang esensial untuk bisnis anda untuk memiliki Facebook Page yang berisikan dengan konten-konten relevan yang disukai oleh followers anda. JIka konten anda disukai maka akan semakin besar peluang web site anda kebanjiran site visitors dari Facebook.

5. Menyaingi Kompetitor Anda
Melakukan sesuautu karena kompetitor anda melakukannya memang tidak menjadi alasan yang cukup untuk melakukannya juga. Namun beda hal untuk pemanfaatan media sosial untuk bisnis.

JIka bisnis anda tidak mampu memaksimalkan media sosial, maka anda berpotensi kehilangan banyak sekali kesempatan untuk mengembangkan bisnis.

6. Mampu Hadir di Hadapan Klien dan Customer Setiap Hari
Kebanyakan orang selalu mengecek media sosialnya setiap hari. Bahkan banyak pengguna web lebih banyak menghabiskan waktu di media sosial dibanding web site lainnya. Termasuk Facebook. Banyak sekali orang yang tahan untuk tidak update standing setidaknya sekali dalam sehari.

Pengguna media sosial yang terus berkembang setiap hari adalah lahan yang tepat untuk memasarkan produk dan jasa anda. Anda bisa memaksimalkan peranan Facebook Page dengan maksimal untuk proses model consciousness hingga menjadi loyal customer.

Terlebih jika bisnis anda selalu mereka lihat setiap hari di layar komputer atau smartphone. Pengguna akan lebih mudah ingat dengan model anda dan menjadi semakin merasa terhubung.

Dengan kata lain, membuat Facebook Page merupakan cara yang highly effective untuk memperluas jaringan dan meningkatkan consciousness akan bisnis online anda.

Cara Membuat Facebook Page untuk Jualan Online
Setelah anda mengerti kenapa anda butuh membuat Facebook Page untuk bisnis anda, sekarang mari saya beri tahu tutorial untuk membuatnya. Facebook Page sendiri tidak hanya terbatas dapat digunakan oleh bisnis saja, tapi juga public determine, organisasi, brand, dan masih banyak lagi.

Karena artikel ini membahas tutorial membuat Facebook Page untuk bisnis online, maka saya hanya akan fokus menjelaskan itu saja. Jika anda butuh untuk tujuan lain, anda bisa mengutak-atik sendiri.

Mari kita mulai.

1. Buka halaman beranda Facebook anda. Klik tombol arah panah bawah di paling pojok kanan atas halaman. Setelah di klik akan muncul menu pilihan yang bisa dipilih. Untuk membuat Facebook Page, maka anda harus meng-klik tombol Kelola Halaman.

2. Setelah diklik biasanya akan tampil halaman daftar Facebook Page yang pernah anda buat. Namun jika anda baru pertama kali membuat Facebook Page, maka anda tinggal klik tombol + Buat Halaman seperti yang saya contohkan dibawah ini.

3. Disana akan ada pilihan Facebook Page seperti apa yang ingin anda buat. Untuk yang berhubungan dengan bisnis maka anda harus pilih bagian yang sebelah kiri.

Jika anda ingin membuat Facebook Page anda sebagai publik figur, atau komunitas,grup, dsb, maka anda bisa pilih yang kanan. Karena kita sedang membahas tentang bisnis, maka klik pilihan yang sebelah kiri.

four. Akan muncul formulir yang perlu anda isi tentang bisnis yang anda buat. Nama halaman bisa diisi dengan bisnis atau brand produk anda. Pilih kategori yang sesuai dengan bisnis anda. Seperti contoh dibawah, saya sedang membuat Facebook Page untuk layanan pemasaran web milik saya.

Disarankan anda memilih kategori yang paling sesuai karena bisa mempengaruhi rekomendasi Facebook ke orang-orang yang kemungkinan membutuhkan atau menyukai dengan produk anda.

Isi juga dengan alamat dan nomor telepon yang bisa dihubung misalnya nomor telepon customer support atau nomor anda sendiri.

5. Setelah klik Lanjutkan, anda akan diminta untuk menambahkan foto profil dari bisnis anda. Disarankan anda memilih brand berukuran minimal 350×350 px (berukuran kotak). Jika emblem anda bentuknya memanjang, edit dulu di Photoshop dan taruh di canvas ukuran seperti diatas agar nanti logonya tidak terpotong.

6. Berikan foto sampul yang beresolusi tinggi. Karena ukurannya agak besar minimal 820×312 px. Gambar ini bisa anda taruh gambar yang menunujukkan bisnis anda bergerak di bidang apa. Misalnya gambar produk anda, gambar pabrik anda, atau gambar ruangan kerja anda.

Untuk bisnis on-line biasanya ada yang menaruh informasi kontak Whatsapp atau e-mail yang bisa diketahui customer ketika melihat halaman Facebook bisnis anda.

7. Selamat Facebook Page untuk bisnis anda sudah berhasil dibuat. udah bukan. Namun ada hal terakhir yang harus dilakukan. Klik menu “Tentang” yang ada di sebelah kiri laman Facebook Page anda. Disana ada beberapa kolom informasi yang bisa diedit untuk diisi dengan informasi lebih lanjut tentang bisnis anda seperti tahun berdiri, rincian bisnis, latar belakang perusahaan dan lainnya. Semakin isinya lengkap maka akan semakin baik.

Tips Mengembangkan Bisnis dengan Facebook Page
Sekarang anda sudah mengetahui cara membuat Facebook Page khusus untuk bisnis anda. Nah sekarang saatnya memaksimalkannya untuk menaikkan penjualan dan mengembangkan bisnis anda. Ada beberapa ideas yang harus anda lakukan dalam penggunaan Facebook Page sebagai media promosi. Berikut diantaranya.

1. Rancang strategi konten anda
Anda harus ingat kalau Facebook merupakan situs media sosial. Itu artinya orang-orang yang menggunakannya untuk bersosialisasi dan berinteraksi. Kesalahan pemula dalam membuat konten di Facebook adalah mereka terlalu menggunakan teknik exhausting selling. Cara ini membuat fans/follower lama kelamaan menjadi jenuh.

Untuk mendapatkan perhatian yang maksimal, maka konten anda harus menggunakan strategi yang mengundang interaksi dan menarik perhatian. Misalnya anda bisa membuat kontes, giveaway, kuis, dan semacamnya yang membuat orang tertarik untuk berpartisipasi.

Anda juga bisa membagikan beberapa informasi mengenai bisnis anda di belakang layar tentang suasana kerja, lingkungan produksi, latar belakang prusahaan, profil karyawan dan lainnya. Dengan demikian konten anda tidak lagi menjemukan.

Ini merupakan salah satu cara yang sering dilupakan oleh pemilik bisnis pemula. Di zaman sekarang, dimana orang-orang selalu membawa smartphone, orang bisa meng-“like” Facebook Page anda kapanpun dan dimanapun.

Misalnya anda bisa memberikan diskon kepada customer yang membeli di toko anda jika ia meng-like Facebook Page anda saat membayar belanjaannya. Kebanyakan orang akan dengan senang hati melakukannya jika ia bisa belanja dengan lebih hemat.

three. Gunakan desain gambar yang bagus.
Jika anda ingin Facebook Page anda naik kelas, maka anda perlu mendandaninya secantik mungkin. Penampilan yang lebih menarik dan profesional ditentukan dengan penggunaan gambar dan video yang baik. Gambar yang diposting harus sesuai dengan branding bisnis anda dan juga memiliki resolusi yang bagus.

Saya selalu beranggapan kalau desain adalah investasi. Tampilan desain yang baik bisa menentukan impresi calon buyer tentang produk atau jasa yang anda jual. Anda tentu pernah membeli produk dengan kemasan yang lebih menarik dibanding keasan yang seadanya kan?

Desain ini tentu tidak hanya berhubungan dengan produk anda saja tapi juga dengan materi promosi anda di media sosial, website, hingga banner-banner yang anda taruh di papan reklame.

Jika anda tidak mampu mendesain dengan baik, anda bisa menggunakan layanan IGEM Digital Services untuk membantu membuat konten promosi di media sosial untuk bisnis anda.

4. Berikan hadiah pada follower setia.
Jika anda ingin orang-orang membicarakan laman Facebook bisnis anda, maka anda harus membuat follower merasa spesial. Memberikan hadiah kepada para follower yang setia melakukan interaksi dengan postingan anda atau rajin membeli produk anda merupakan salah satu cara yang bisa anda gunakan.

Ketika follower merasa diapresiasi, mereka akan semakin loyal. Efek dari cara ini adalah mampu meningkatkan impresi positif sehingga mereka tidak sungkan merekomendasikan bisnis anda ke orang lain.

PRODUK REKOMENDASI SAYA
Daftar ShopifyBagi kalian yang berminat untuk membuat web site bisnis online cepat dan mudah, maka saya sarankan menggunakan Shopify. Cocok buat e-commerce lokal, hingga internasional.

Bluehost WordPress ServerWebhosting paling direkomendasikan #1 untuk semua web site yang dibuat dengan WordPress. Cukup Install WordPress dengan 1x Klik.

Convertkit for Email MarketingLayanan rekomendasi otomisasi e mail kesukaan saya. Cocok buat anda yang kesulitan dan malas untuk ngirim e mail berulang-ulang ke subscriber dan buyer anda.

Siteground HostingBuat anda yang lagi pengen bikin web site, saya saranin buat pakai Siteground aja. Ini internet hosting terbukti tiap polling selalu di peringkat teratas pilihan internet developer seluruh dunia.