[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Menaruh link WhatsApp di halaman akun Facebook memang cukup penting bagi sebagian orang. Apalagi bagi kamu sedang menjalankan sebuah bisnis, hal ini bisa menjaring konsumen lebih banyak.

Dengan menempatkan link WhatsApp di halaman Facebook, para pelanggan bisa lebih mudah untuk menghubungimu. Mereka tidak perlu lagi menempuh proses yang ribet seperti harus menyimpan kontakmu di ponsel lalu mencarinya dari aplikasi WhatsApp.

Mereka bisa langsung menghubungimu untuk keperluan bisnis, hanya dengan menekan sebuah link tersebut. Dalam hal ini, ketika link dibuka, maka mereka secara langsung akan dibawa ke halaman percakapan WhatsApp denganmu.

Penyedia layanan perpesanan ini sendiri juga telah membuka fitur untuk membuat link WhatsApp secara resmi untuk memberikan kemudahan ini. Bagi yang belum tahu, fitur ini disebut dengan Click to Chat.

Nah jika kamu belum membaca ulasan saya mengenai cara memanfaatkan fitur ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya!

Untuk memulainya, siapkan dulu nomor telepon yang akan kamu gunakan dan jangan lupa untuk menggunakannya dalam format internasional tetapi dengan menghilangkan tanda plusnya. Misalnya, nomor ponselmu adalah maka nantinya tinggal dituliskan .

Selanjutnya, gunakan format tautan /nomor_telepon untuk membuat hyperlink WhatsApp, tentunya dengan mengganti nomor_telepon dengan nomor telepon yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Misalnya, untuk nomor yang saya contohkan di atas akan menjadi / .

Jika sudah berhasil membuat link tersebut, artinya sekarang kamu bisa menempatkannya di berbagai macam media yang kamu gunakan, termasuk media sosial yang di dalamnya juga ada Facebook.

Nah sekarang, mari kita bahas langkah-langkah bagaimana cara menempatkan hyperlink tersebut di dalam akun Facebook. Namun sebelumnya, kamu bisa masuk atau login terlebih dulu ke akun yang akan ditempeli link tersebut.

Jika sudah masuk, buka halaman profil akun Facebook-mu dengan mengetuk foto atau nama profilmu yang terletak di bar bagian atas, lalu coba masuk ke bagian About dengan mengetuk opsi yang sesuai di bawah foto sampul.

Setelah halaman About terbuka, lihat di bagian kanan, di sana ada sebuah kolom khusus yang berisi nomor telepon, akun media sosial lain, tanggal lahir, hingga tautan net yang kamu miliki. Arahkan kursor kebagian tersebut, dan ketuk opsi Edit your contact and primary data yang muncul kemudian.

Cari bagian WEBSITES AND SOCIAL LINKS, kemudian arahkan kursor ke bagian Websites (atau Add an internet site jika belum ada), lalu klik pada opsi Edit yang muncul setelahnya. Masukkan link WhatsApp yang berhasil dibuat di kolom yang tersedia (atau klik Add another web site untuk membuat baru), klik Save Changes, dan selesai.

Yang cukup penting, cara ini berlaku untuk kamu yang menggunakan peramban desktop alias komputer. Sementara untuk pengguna aplikasi seluler bisa melakukannya dengan langkah yang tidak jauh berbeda.

Di aplikasi Facebook terbaru, buka halaman profil (ikon orang yang paling tengah), klik Edit Profile, gulir ke bawah dan klik opsi Edit your About Info. Jika sudah, cari Contact information lalu klik Edit di sebelahnya.

Cari bagian Website, lalu pilih Opsi Add Website, dan masukkan hyperlink WhatsApp. Ingat, setelah selesai, jangan lupa menekan tombol Save di bagian bawah halaman.

Sebagai tambahan, supaya hyperlink WhatsApp tampil lebih cantik, kamu bisa menggunakan pemangkas hyperlink seperti bit.ly untuk melakukannya. Selamat bereksperimen!