Sampai dengan September 2018 kemarin, Facebook memiliki 2.2 miliar pengguna. Dengan banyaknya orang yang menggunakan Facebook, social media yang satu ini bisa menjadi platform advertising untuk bisnis Anda. Tetapi, dengan algoritma Facebook yang memprioritaskan postingan natural dari teman dan keluarga, mungkin lebih mudah bagi Anda untuk menggunakan Facebook Ads.

Apa itu Facebook Ads?
Facebook Ads adalah fitur iklan yang disediakan Facebook agar Anda bisa beriklan langsung ke audience Anda berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis seperti lokasi, umur, dan gender, dan masih banyak pilihan lagi.

Keuntungan Menggunakan Facebook Ads
Sekarang hamper semua orang sudah menggunakan social media. Kebanyakan dari mereka pasti memiliki Facebook. Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan Facebook Ads untuk bisnis Anda.

Pengguna Facebook yang Beragam
Seperti yang sudah disebutkan di atas, Facebook memiliki jutaan consumer. Anda pasti bisa menemukan viewers Anda di antara consumer mereka. Selain itu, pengguna Facebook juga biasa menghabiskan banyak waktu di Facebook jadi kemungkinan mereka melihat iklan Anda juga lebih besar.

Mengalahkan Postingan Organic Facebook
Seperti yang sudah disebutkan di atas, Facebook mengubah algoritmanya dimana postingan organic dari teman dan keluarga mendapat prioritas dibanding postingan brand. Salah satu cara Anda untuk memastikan bahwa follower Anda tetap melihat postingan Anda adalah dengan menggunakan Facebook Ads.

Fitur Targeting Facebook
Salah satu alasan mengapa Facebook Ads adalah iklan social media yang banyak digunakan adalah fitur targeting mereka. Saat memasang iklan, Anda bisa menargetkan audience berdasarkan lokasi, demografis, umur, gender, perilaku, dan koneksi. Selain itu, dengan Facebook Ads, Anda bisa melakukan concentrating on yang lebih spesifik seperti misalnya:
– Melihat perilaku belanja consumer

* Targeting sesuai acara – misalnya menawarkan diskon di minggu ulang tahun user
* Mengatur viewers secara custom untuk meningkatkan loyalty dan leads
* Dan masih banyak lagi

Remarketing dengan Facebook Ads
Bagi Anda yang kurang acquainted dengan istilah ini, remarketing adalah menunjukkan iklan Anda ke orang-orang yang sudah berinteraksi dengan brand Anda, misalnya dengan mengunjungi website, menggunakan aplikasi brand Anda, atau memberi Anda alamat email mereka. Menurut banyak studi, remarketing bisa membantu meningkatkan engagement price sampai tiga kali dan meningkatkan conversion rate sampai dua kali.

Mendapatkan lebih banyak leads dan prospects lewat Facebook Ads
Dengan fitur Facebook Ads, Anda bisa memasang filter demografis dan behavioural (perilaku) untuk mempersempit target market Anda. Anda bisa memfilternya menjadi:

* Orang yang tertarik dengan konten dan barang jualan Anda (behavioural and interest concentrating on)
* Orang yang sudah melihat barang jualan Anda (retargeting)
* Orang yang bisa membeli barang Anda (demographic concentrating on)

Call-to-Action Facebook
Saat memasang iklan, Facebook menawarkan beberapa name-to-action atau instruksi yang bisa diklik oleh mereka yang melihat iklan Anda. Bagi bisnis, dengan adanya CTA button atau tombol CTA ini, Anda bisa mengumpulkan leads. Kalau ada yang klik iklan Anda, Anda akan langsung mendapat information pengklik iklannya.

Tools yang mudah digunakan
Facebook Ads Manager bisa dibilang mudah digunakan. Layoutnya sendiri sangat intuitif, jadi Anda pasti bisa langsung menggunakannya tanpa perlu bingung.

Jenis-Jenis Facebook Ads
Salah satu keunggulan Facebook Ads dibanding iklan social media lainnya adalah banyaknya jenis iklan yang mereka sediakan. Apapun objective atau tujuan iklan Anda, Anda pasti bisa menemukan jenis iklan yang tepat untuk mendukung aim tersebut.

Karena banyaknya jenis advertisements yang mereka sediakan, kami akan langsung membahas jenis-jenisnya sesuai dengan tujuannya.

Untuk meningkatkan site visitors dan leads web site
Salah satu tujuan penggunaan Facebook Ads yang paling umum adalah untuk meningkatkan traffic web site. Berikut ini adalah jenis adverts yang cocok untuk tujuan ini.

Link click on. Jenis Facebook Ads ini adalah salah satu jenis iklan yang mungkin paling sering Anda lihat. Anda bisa menggunakan Link Click Ads untuk mempromosikan web site Anda dan mengirimkan mereka yang mengklik iklan Anda ke sebuah landing web page.

Video Ads. Video Ads memiliki tampilan yang sama dengan link click on. Perbedaannya hanya kalau link clicks menggunakan gambar, jenis iklan yang ini menggunakan video.

Boosted Page Boost. Setiap kali Anda mengupload postingan baru di Facebook Page Anda, Facebook menawarkan Anda untuk meningkatkan attain postingan tersbeut lewat fitur Boosted Post. Dengan Anda mengklik “Boost Post”, Anda bisa mengatur audience dan bidding Anda untuk mempromosikan Facebook Page Anda.

Untuk meningkatkan sales
Jika Anda berjualan dan ingin mempromosikan produk Anda, Facebook menyediakan beberapa pilihan tampilan untuk iklan Anda.

Carousel Ads. Format iklan carousel memperbolehkan Anda menampilkan 10 gambar dan video, headline, hyperlinks, dan CTA button di satu postingan yang sama. Jenis iklan ini bisa dibilang sangat membantu bagi Anda yang ingin mempromosikan lebih dari satu produk dalam satu postingan.

Dynamic Product Ads. Dynamic Product Ad Facebook menargetkan user berdasarkan action consumer di web site atau aplikasi Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mengupload katalog produk ke Facebook dan mengecek ulang apakah Facebook Pixel Anda sudah diinstall dengan benar di halaman website Anda.

Facebook Leads Ads. Sesuai dengan namanya, jenis iklan yang satu ini memang dikhususkan untuk mengumpulkan leads. Jenis Facebook Ads ini memperbolehkan orang-orang untuk mendownload konten atau sign up ke tawaran Anda tanpa meninggalkan website atau aplikasi Facebook. Ini adalah jenis advertisements paling efektif jika Anda ingin mengumpulkan email calon-calon pelanggan.

Canvas Ads. Canvas Ads adalah iklan interaktif yang membiarkan person berinteraksi dengan konten Anda di Facebook dan hanya bisa diakses di cell. Dengan iklan canvas, audience Anda bisa swipe carousel gambar, mencoba melihat gambar dari berbagai sisi, dan zoom in dan zoom out dengan jari mereka. Canvas adverts juga memiliki waktu loading 10 kali lebih cepat dibanding iklan di internet app.

Collection Ads. Collection Ads Facebook memperbolehkan Anda menampilkan beberapa produk yang dijual di website Anda. Format ini membuat orang lebih mudah untuk menemukan, membrowse, dan membeli produk Anda secara visible.

Untuk meningkatkan likes dan engagements
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, algoritma baru Facebook memang mengurangi kemungkinan postingan Anda muncul di feed followers Anda secara natural. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan Facebook Ads untuk meningkatkan likes dan engagements.

Page Like Ads. Jenis Ads ini adalah jenis iklan yang memang disediakan untuk meningkatkan “likes” sebuah halaman bisnis Facebook. Untuk iklan ini, Anda bisa mencantumkan CTA agar person bisa langsung like halaman bisnis Anda.

Page Photo Ads. Dengan ads ini, Anda mempromosikan salah satu postingan picture di Page Anda untuk menarik perhatian person. Anda juga bisa menambahkan link di deskripsi postingan tersebut.

Page Video Ads. Mungkin bisa ditebak dari namanya, jenis iklan yang ini adalah ads dimana Anda mempromosikan video Anda untuk menarik perhatian user. Anda juga bisa melakukan re-targeting dengan jenis adverts ini berdasarkan berapa banyak video Anda yang sudah ditonton oleh seorang user. Anda kemudian bisa menampilkan iklan video ini ke mereka yang banyak menonton video Anda.

Untuk meningkatkan instalasi aplikasi
Facebook sering menjadi salah satu destinasi brand yang memiliki aplikasi untuk meningkatkan jumlah person yang menginstal dan menggunakan aplikasi mereka. Berikut ini adalah jenis advertisements yang memang ditawarkan Facebook untuk tujuan ini.

Mobile App Ads. Dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa jenis iklan yang satu ini memang ditujukan untuk mendorong instalasi aplikasi. Ads jenis ini akan ditampilkan di Mobile Newsfeed saja. Kalau person mengklik CTA “Install”, Anda akan langsung dihubungkan ke App Store. Ini memiliki conversion price tinggi. Kalau Anda menggunakan format iklan yang satu ini, Anda memiliki pilihan focusing on yang lebih dalam untuk mengatur viewers Anda. Misalnya, Anda bisa memilih versi iOS/Android apa yang harus dimiliki viewers Anda agar mereka bisa menginstall aplikasinya. Selain itu, Anda juga bisa memilih apakah Anda hanya ingin menargetkan cell device atau pill, dan apa Anda juga ingin menargetkan audience yang terhubung ke WiFi.

Desktop App Ads. Format iklan ini memiliki karakteristik yang sama dengan Mobile App Ads. Tetapi perbedaannya adalah Anda hanya bisa mengiklankan aplikasi desktop dengan format iklan ini. Iklan ini hanya akan muncul di Dekstop Newsfeed atau di kolom sebelah kanan Facebook.

Untuk meningkatkan jumlah pengunjung
Tidak hanya untuk kegiatan bisnis online, Facebook juga menyediakan jenis iklan untuk mendukung bisnis offline Anda. Bagi Anda yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung took Anda, Facebook Ads menawarkan format iklan khusus yang bisa Anda manfaatkan.

Event Ads. Bagi Anda yang sedang mengadakan acara, fitur Facebook Events adalah salah satu cara yang bagus untuk menarik pendatang. Jika Anda ingin meningkatkan attain atau jangkauan event Anda, gunakan iklan ini dengan targeting yang tepat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa Anda perlu membatasi jangkauan lokasi di ads Anda agar mereka hanya tampil untuk orang-orang yang tinggal di daerah event Anda.

Offer Claims. Format iklan ini cocok untuk took yang ingin meningkatkan jumlah pengunjung toko. Anda bisa menawarkan diskon atau promo melalui iklan ini. Jadi, saat iklan Anda sudah dijalankan, siapapun yang mengklik iklan Anda akan mendapat e-mail yang berisi element promo.

Local Awareness. Salah satu format iklan yang banyak digunakan untuk kepentingan ini adalah Local Awareness Ads. Jenis iklan ini biasa bekerja dengan baik jika digabungkan dengan concentrating on berdasarkan lokasi yang tersedia di Facebook Ads. Jadi, iklan Anda akan ditampilkan ke consumer yang sedang berada di dekat toko Anda. Anda juga bisa memasukkan CTA seperti “Call Now” dan “Send Message” agar orang-orang bisa menghubungi Anda dengan lebih mudah.

Seperti yang bisa Anda lihat, Facebook menawarkan banyak format iklan yang bisa membantu Anda mencapai berbagai tujuan bisnis Anda. Anda bisa mencoba setiap format iklan ini untuk melihat format mana yang paling bekerja untuk Anda. Dengan begitu, Anda bisa mendapat hasil yang maksimal dengan biaya seminimal mungkin.

Cara Membuat Facebook Ads
Tentunya untuk membuat Facebook Ads, Anda membutuhkan Facebook Business Account. Kalau Anda belum punya, Anda bisa membaca artikel Facebook Page for Business kami.

Kalau Anda sudah punya, maka Anda bisa langsung mulai menggunakan Facebook Ads.

Semua marketing campaign advertisements Facebook Ads akan dikelola melalui Facebook Ads Manager. Anda bisa mengakses Facebook Ads melalui menu yang ada di akun Facebook Anda dan pilih Manage Ads.

* Pilih objektif iklan Anda

Setelah Anda memilih membuat iklan Facebook Ad, Anda akan diarahkan ke halaman dimana Anda bisa memilih objektif campaign Anda. Facebook menyediakan 15 pilihan yang bisa Anda pilih.

Facebook membagi objektifnya menjadi tiga kategori besar:

Awareness. Untuk meningkatkan awareness model Anda

* Boost your posts – enhance postingan Anda
* Promote your web page – promosikan web page Anda
* Reach folks close to your business – jangkau orang-orang yang dekat dengan toko Anda
* Increase model consciousness – tingkatkan model consciousness
* Increase your attain – tingkatkan jangkauan Anda

Consideration. Agar orang-orang tidak lupa dengan model atau bisnis Anda

* Send individuals to a destination on or off Facebook – mengirim orang ke touchdown page buatan Anda
* Get installs of your app – mendorong orang untuk menginstall aplikasi Anda
* Raise attendance in your occasion – meningkatkan jumlah pengunjung occasion Anda
* Get video views – meningkatkan jumlah views video Anda
* Collect leads for your corporation – mengumpulkan leads untuk bisnis Anda

Conversion. Untuk mendorong orang-orang untuk membeli dari bisnis Anda

* Increase conversions in your web site – meningkatkan conversion rate web site Anda
* Increase engagement in your app – meningkatkan engagement di aplikasi Anda
* Get folks to assert your supply – mendorong orang-orang untuk mengambil tawaran Anda
* Promote a product or catalogue – mempromosikan produk atau katalog
* Get folks to go to your retailers – mendorong orang-orang untuk mengunjungi toko Anda

Kalau Anda sudah selesai memilih satu dari tujuan ini, Anda akan diminta untuk memberi nama marketing campaign Anda.

* Atur viewers dan budget Anda

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengatur audience dan budget Anda. Audience Anda akan diatur sesuai dengan demografis yang Anda pilih. Facebook memberikan Anda pilihan untuk mengatur:

* Lokasi
* Umur
* Gender
* Bahasa
* Interests/Hobi
* Behaviour/Perilaku
* Connections

Setelah audience, Anda akan diminta untuk mengatur finances Facebook Ads Anda. Ketika Anda memasukkan finances yang ingin Anda masukkan, Anda memasukkan jumlah budget paling besar yang ingin Anda keluarkan untuk beriklan. Anda juga bisa mengatur budget berdasarkan dua pilihan:

* Daily > Budget yang akan Anda keluarkan setiap harinya
* Lifetime> Budget maximum yang akan Anda masukkan selama iklan Anda tayang.

Sekarang Anda tinggal membuat iklan Anda. Anda tinggal memilih pictures atau video, headline, text, dan dimana ads Anda akan ditampilkan di Facebook. Untuk textual content, Anda akan mendapat ninety karakter untuk membagi pesan promosi Anda yang akan muncul di atas gambar atau video Anda.

Untuk beberapa jenis iklan, Anda bisa menggunakan postingan yang sudah ada. Anda tinggal pilih Use Existing Post dari dashboard Facebook Ads Manager kemudian pilih page dan postingan mana yang ingin Anda gunakan.

Untuk membuat iklan baru, tugas pertama Anda adalah memilih format Facebook Ads yang Anda inginkan. Setelah itu, masukkan konten yang Anda inginkan. Ini adalah bagian penting karena adverts Anda harus menonjol di feeds orang-orang dan membuat orang-orang ingin klik.

Setelah konten iklan Anda selesai Anda atur, Anda akan memilih dimana iklan Anda akan ditempatkan. Anda bisa memilih misalnya apakah iklan Anda ingin ditampilkan di News Feed cellular dan desktop atau di kolom sebelah kanan Facebook. Selain itu, Anda juga bisa langsung mengatur agar iklan Anda juga muncul di akun Instagram Anda.

Facebook sendiri merekomendasikan untuk menempatkan iklan Anda sesuai yang sudah diatur Facebook. Facebook sudah mengoptimasi penempatan iklan berdasarkan objektif yang sudah Anda pilih sebelumnya.

* Masukkan order Anda * Setelah pengaturan selesai dilakukan, Anda tinggal klik Place Order di bagian kanan bawah halaman. Setelah advertisements Anda disubmit, Facebook akan me-evaluate adverts Anda sebelum menampilkannya. Anda akan menerima e mail dari Facebook setelah advertisements Anda reside.

Bagaimana? Sudah siap untuk membawa bisnis Anda ke next stage dengan Facebook Ads? Facebook Ads sudah dipercaya oleh banyak marketer sebagai salah satu platform iklan terbaik di internet. Beriklan melalui Facebook Ads bisa membantu bisnis Anda untuk jadi pemenang!