Facebook tidak lagi sekedar platform media sosial untuk berbagi foto dan saling menyapa secara online. Banyak penggunanya menjadikan Facebook sebagai wadah berjualan on-line, membuat web page atau halaman portal berita on-line, fanspage, halaman informasi untuk model atau tokoh terkenal dan lain- lain yang memungkinkan.

Dengan majunya kebutuhan zaman dan inovasi teknologi, Facebook juga ikut berkembang dengan membuat platformnya menjadi tempat berkumpulnya segala macam yang bisa dijangkau oleh manusia secara on-line termasuk di dalamnya juga beriklan seperti halnya Instagram Ads yang telah kita bahas sebelumnya.

Juga tidak jauh berbeda dengan Instagram Ads, Facebook Ads juga menargetkan pemberitahuan mengenai suatu produk atau jasa dan mengiklankannya untuk meraih pasar nasional bahkan internasional. Mengingat ini adalah jenis iklan yang ditayangkan secara online tanpa batas waktu dan geografis, tentu saja ini akan baik bagi picture suatu model. Mari ketahui cara membuat Facebook Ads berikut ini.

Cara Mengatur Akun Iklan Facebook Anda

Langkah pertama adalah yang paling termudah yaitu mengatur akun iklan Facebook. Ini adalah proses yang cukup mudah dan melibatkan empat langkah berikut:

* Mengatur Facebook Business Manager
Pertama, Anda membuat halaman Facebook untuk bisnis Anda. Dari sana Anda dapat membuat akun Business Manager yang memungkinkan Anda menjalankan iklan untuk halaman itu. Untuk mulai masuk ke halaman beranda untuk Business Manager dan klik “Buat Akun”. Kemudian masuk menggunakan email dan kata sandi yang Anda gunakan untuk mengatur akun halaman bisnis Anda.

* Instal Facebook Pixel
Buka situs internet Anda dan instal Facebook Pixel yang memungkinkan Facebook untuk mengidentifikasi orang-orang yang mengunjungi situs web Anda, membuat pemirsa khusus yang terdiri dari pengunjung tersebut dan kemudian menampilkan iklan kepada mereka dengan tepat.

* Buat pemirsa untuk menargetkan pengguna
Alat ini memungkinkan Anda membuat dan menyimpan pemirsa atau audiens yang paling relevan dengan merek dan goal penjualan produk atau layanan Anda. Kembali ke Business Manager dan pilih opsi “Audiens” dari kolom aset.

* Buat iklan Facebook dari pos Facebook
Sekarang Anda bisa mencobanya. Pertama-tama putuskan apa yang ingin Anda capai dari iklan yang Anda buat ini, apakah Anda ingin lebih banyak klik, penjualan, penayangan video, atau prospek?

Baca Juga :Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads (IG Post dan IG Story)

Facebook Ads Manager adalah alat utama untuk membuat dan menganalisis kampanye iklan Facebook Anda. Membuat iklan itu sendiri hanya melibatkan cara sederhana seperti memilih “Buat Iklan” dari menu drop-down di kanan atas halaman bisnis Anda. Saat Anda membuka menu utama, Anda akan melihat lima bagian :

* Rencana/Plan
Bagian Paket berisi alat yang membantu Anda mempelajari hal-hal tentang audiens Anda dan memberi Anda ide-ide kreatif untuk menjalankan iklan Anda. Dengan alat Audience Insights, Anda dapat menemukan banyak informasi tentang audiens yang berbeda di Facebook.

* Buat dan Kelola/Create and Manage
Di sini Anda akan menemukan alat untuk membuat iklan dan membantu dalam mengelola kampanye Anda. Anda dapat membuat iklan serta menyasuaikan dengan tujuan dari iklan Anda untuk dapat mencapai pelanggan Anda lebih besar dengan Facebook Ads.

* Ukur dan Laporkan/Measure and Report
Saat Anda ingin menganalisis kinerja iklan Anda, lihat alat di bagian Measure and Report. Misalnya, di sini Anda dapat membuat konversi khusus itu untuk melacak apakah iklan memenuhi tujuan bisnis Anda.

* Assets
Bagian ini memberi Anda akses cepat dan mudah ke aset utama yang telah Anda gunakan untuk membangun iklan, termasuk audiens yang telah Anda simpan untuk penargetan iklan, gambar yang telah Anda gunakan, Facebook Pixel Anda dan banyak lagi.

* Pengaturan/Settings
Area pengaturan adalah tempat semua informasi akun Anda disimpan. Buka pengaturan di sini untuk memperbarui informasi pembayaran, email Anda, dan sebagainya. Ada banyak juga pengaturan yang bisa Anda lakukan seperti settingan user untuk dapat mengakses konfigurasi iklan Facebook Anda.

Cara Memulai Dengan Iklan Facebook

Memahami algoritma Facebook Ads adalah penting karena cara ini mengidentifikasi iklan yang memberikan pengalaman pengguna yang baik. Dengan melakukannya, pengaturan yang tepat dapat membantu mengoptimalkan anggaran Anda. Ada alasan praktis mengapa algoritma itu ada yakni jika pengiklan memonopoli umpan berita, Instagram, kolom di sebelah kanan, atau apa pun yang Anda gunakan untuk beriklan di Facebook, orang tidak akan kembali ke Facebook.

Itu berarti iklan Anda perlu memberikan nilai karena Facebook ingin menciptakan pengalaman pengguna yang positif dengan interaksi yang bermakna. Transparansi iklan penting untuk menentukan algoritma. Kemampuan setiap pengguna untuk melihat iklan apa yang sedang dijalankan halaman Facebook atau akun Twitter sangat berguna bagi pemasar dan bisnis. Ada tiga cara utama pemasar dapat memanfaatkan informasi ini untuk keuntungan mereka :

* Meneliti kampanye pesaing dan pasar konsumen
Melihat semua kampanye iklan yang dijalankan pesaing Anda sangat berharga saat Anda mempertimbangkan kampanye Anda sendiri. Kunjungi halaman arahan mereka dan nilai ajakan mereka untuk bertindak. Apa penawaran khusus yang mereka jalankan? Berapa lama video mereka? Apakah mereka mencoba menarik klik, mendorong pembelian, atau hanya menciptakan kesadaran akan branding picture?

* Inspirasi untuk menggunakan fitur iklan baru
Fitur iklan baru diluncurkan sepanjang waktu di Facebook dan Twitter. Cari inspirasi merek besar seperti Traveloka, Unilever atau Airbnb untuk melihat bagaimana mereka menggunakan fitur iklan baru adalah cara yang baik untuk melihat apa yang dilakukan setiap fitur dan cara kerjanya tanpa menginvestasikan uang Anda.

* Bagikan kampanye aktif dengan pelanggan dan prospek
Karena pengguna dapat terlibat dengan iklan dengan cara yang sama mereka lakukan jika iklan muncul di umpan berita mereka, pelanggan dan prospek sekarang memiliki kesempatan untuk memulai pembelian atau pendaftaran yang mereka lewatkan.

Baca Juga : Tutorial Cara Download Video Facebook di Android & IOS Dengan Mudah & Cepat

Langkah selanjutnya yang bisa Anda coba dan terapkan adalah mengikuti tiga strategi periklanan Facebook dibawah ini :

* Berikan konten gratis untuk menarik minat audiens Anda
Pemasaran konten adalah salah satu cara paling efektif untuk membedakan bisnis Anda dan menghangatkan audiens yang dingin. Berikan konten berharga free of charge yang menghibur, mendidik, atau menginspirasi pelanggan ideal Anda. Anda dapat menggunakan video, magnet utama (panduan, daftar periksa, kupon, dll.), Atau posting blog, misalnya.

* Libatkan orang di daftar e-mail Anda
Mengirim pesan melalui iklan Facebook Anda dan pemasaran email dua kali lebih efektif. Pelanggan akan melihat pesan Anda di kotak masuk mereka dan ketika mereka menjelajah Facebook.

* Targetkan ulang pengunjung situs web
Jika Anda memasang Facebook Pixel di situs net Anda, Anda dapat menargetkan orang-orang yang baru-baru ini mengunjungi situs Anda.

Saat ini, Facebook mengatakan bahwa ada lebih dari 800 juta pengguna di Marketplace mereka. Kelebihan Facebook Marketplace adalah di mana orang-orang secara aktif mencari barang tertentu, yang berarti Anda memiliki akses langsung ke audiens yang mencari Anda. Maka ikuti langkah berikut ini :

* Tentukan tujuan kampanye iklan
Marketplace menawarkan lima tujuan: jangkauan, lalu lintas, konversi, penjualan katalog, dan tampilan video. Setelah Anda memilih satu, Anda dapat memberi nama kampanye Anda.

* Pilih penempatan iklan
Di mana Anda ingin iklan muncul? Ada banyak sekali pilihan bagaimana iklan Anda bisa tampil. Hal ini sesuai dengan kebutuhan Anda dan Anda tidak harus memilih semua media, namun bisa memilih opsi beberapa penempatan iklan agar lebih efektif. Gulir ke bawah ke bagian Penempatan dan pilih pengaturan.

* Buat iklan berformat video
Di bagian Pembuatan Iklan Anda dapat mengunggah gambar serta video. Video cenderung mengungguli gambar statis di Marketplace, jadi itu mungkin pilihan terbaik Anda.

* Analisis hasil penempatan
Lihat kinerja iklan Anda dibandingkan dengan penempatan lainnya. Anda dapat melakukan ini dengan memfilter laporan iklan Anda dengan memilih “Penempatan” dari menu tarik turun.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Facebook Pixel dan Cara Memasangnya di Website

Cara membuat Facebook Ads

Membuat postingan di Fanspage untuk iklan
1. Buka halaman Fanspage
2. Tuliskan standing Anda di Fanspage yang dapat berupa penawaran dan informasi produk/jasa serta gambar pendukung.
three. Pastikan standing Anda telah menjelaskan maksud penawaran Anda dengan jelas dan rapi.
4. Klik ‘Publish’.
5.

Mengisi saldo pembayaran di Facebook Business Manager
1. Buka Facebook Business Manager
2. Klik menu garis tiga di samping tulisan Business Manager
3. Business Manager akan menyediakan beberapa menu
four. Untuk mengisi tagihan klik fitur ‘Business Settings’
5. Dari beberapa menu yang muncul, klik ‘Payment’
6. Untuk menambahkan metode pembayaran klik ‘Add Payment Method’
7. Klik ‘Select Payment Method’ dan isi semua knowledge Anda.

Baca Juga : Mengenal Apa itu Facebook Creator Studio : Manfaat, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Membuat iklan di Facebook Ads
1. Buka akun Business Manager Anda dan klik menu bar.
2. Dari beragam fitur yang muncul, klik ‘Power Editor’.
3. Menu Power Editor muncul dan buat iklan dengan mengklik ‘Create Campaign’ contoh; baju Raya, dan jika selesai klik ‘Save to Draft’.
four. Setelah Create Campaign, pada menu marketing campaign iklan PPE yang dibuat sebelumnya akan muncul dengan nama ‘PPE- Baju Raya’. Lalu klik iklan PPE itu.
5. Setelah mengklik iklan tersebut maka Anda akan secara otomatis diarahkan ke menu ‘Ad Sets’ untuk tahap 2. Sebelum mengaktifkan iklan, atur dan centang ‘Ad Sets’, lalu klik Edit.
6. Dari Edit, maka ‘Editing Ad Set’ akan muncul.
7. Masih di menu ‘Editing Ad Set’, gulir hingga ke bawah dan masukkan informasi location, age, gender dan detailed focusing on Anda.
eight. Masih pada ‘Editing Ad Set’, gulir menu pada bagian ‘Placement’. Bagian pengaturan ‘Ad Set’ sudah dianggap selesai dan Anda bisa menutupnya.
9. Selanjutnya klik lagi pada Adset, contoh Baju Raya-Adset dan Anda akan dialihkan ke menu ‘Ads’, masuk ke menu ini yang merupakan tahap ke-three.
10. Centang pada Ads Anda, contoh Baju Raya dan klik Edit.
11. Kemudian klik ‘Review Draft Items’ yang akan memunculkan jendela dan klik ‘Confirm’.
12. Dari Confirm status iklan Anda di kolom ‘Delivery’ akan berubah menjadi ‘Pending Review’.
thirteen. Tunggu pemberitahuan notifikasi jika iklan Anda berhasil disetujui Facebook dan jika sudah disetujui maka kolom akan berubah menjadi ‘Active’.

Apabila iklan Anda sudah berubah status menjadi Active maka iklan Anda sudah dianggap aktif dan dijalankan secara luas. Orang- orang dan goal pasar yang telah Anda pilih sebelumnya akan dapat melihat iklan Anda di Newsfeed dan iklan yang Anda tampilkan akan dilabeli sebagai iklan ‘Sponsored’.

Kesimpulan dan penutup
Beriklan di Facebook tersedia untuk siapa saja dengan bisnis dalam banyak ragam format pula. Iklan dapat sesederhana atau secanggih yang mereka inginkan. Apa pun cakupannya, jangkauannya luas, Facebook Business Manager memiliki kemampuan untuk memasarkan dua miliar orang di Facebook setiap bulan.

Melalui platform Business Manager Facebook, bisnis memiliki toko serba ada untuk semua kebutuhan pemasaran dan periklanan mereka. Sumber daya tambahan seperti akses ke Instagram dan katalog produk adalah bagian dari campuran. Untuk sepenuhnya menaklukkan iklan Facebook membutuhkan ketekunan dan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana platform bekerja di semua dimensinya.

Prosesnya pembuatannya pun mudah. Facebook memungkinkan pengguna untuk menargetkan audiens melalui alat melayani diri sendiri dan memberi mereka laporan analitik yang melacak kinerja setiap iklan. Jangkauan dan visibilitas dapat membantu menyamakan kedudukan bagi bisnis mandiri yang ingin bersaing dengan perusahaan dengan anggaran yang jauh lebih besar.