access_time October 17, hourglass_empty 6min Read

Sekarang ini keberadaan media sosial hampir sama pentingnya dengan membuat web site untuk bisnis. Sebagian orang memfokuskan bisnisnya pada satu hal, website misalnya, tapi bagi yang lain, tidak ada salahnya jika membangun profil media sosial yang sehat dan memiliki web site berbasis WordPresss dengan tampilan menarik serta profesional pada saat bersamaan. Bahkan kini Anda bisa menemukan berbagai informasi di internet mengenai cara menambahkan social media di WordPress.

Di artikel ini, kami akan membahas tiga cara menambahkan social media di WordPress, yakni:

1. Menggunakan plugin sosial media di WordPress.
2. Mengintegrasikan WordPress dengan media sosial menggunakan platform pihak ketiga.
three. Memanfaatkan fiturembeddi platform media sosial Anda.

Ada banyak opsi yang bisa Anda pilih jika ingin menghubungkan media sosial dengan WordPress. Penasaran? Baca terus artikel ini!

Luangkan waktu Anda sebentar dan cobalah untuk searching beberapa website favorit. Pasti sebagian besar website tersebut memiliki profil media sosial dan memasang hyperlink yang mengarah ke berbagai platform. Media sosial, bagi hampir semua pemilik website, memiliki peranan penting dalam mengarahkan jumlah traffic yang datang ke situs. Selain itu, orang-orang juga lebih mudah dalam membagikan kontennya.

Sayangnya, website dan profil media sosial merupakan entitas yang berbeda meskipun Anda sering memposting konten yang sama pada dua platform tersebut. Jadi, untuk mengelolanya, harus dilakukan secara terpisah dan hal ini tentunya membutuhkan kerja keras.

Dengan mencari-cari informasi tentang cara menambahkan social media di WordPress, Anda bisa lebih menghemat waktu dan tidak perlu bersusah payah. Selain itu, integrasi semacam ini memiliki banyak kegunaan, antara lain:

* Mengarahkan lebih banyak site visitors ke web site. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, platform media sosial merupakansource terbaik untuk mengumpulkanorganic site visitors.
* Membuatchannelterbaru untuk berinteraksi dengan user. Semakin banyak platform media sosial yang Anda gunakan, maka semakin banyak pula visitor yang berdatangan ke situs Anda.
* Memudahkan person untuk membagikan konten dari situs Anda. Sebagai contoh, setelah mengetahui cara menghubungkan WordPress dengan Facebook dan melakukan setiap langkahnya, maka consumer bisa lebih mudah dalam membagikan konten hanya dengan satu kali klik saja. Dengan begini, konten dan juga situs Anda semakin terekspos ke sejumlah reader.

Tak hanya membahas soal integrasi media sosial di WordPress secara umum saja, tapi kami juga akan menuliskan berbagai metode untuk melakukannya. Misalnya, ada cara menghubungkan WordPress dengan Facebook sehingga postingan Anda bisa menuai berbagai macamreaksi. Bahkan Anda juga dapat memudahkan visitor untuk membagikan konten ke Twiter, LinkedIn, dan lain-lain.

Hal-hal yang disebutkan di atas merupakan pemahaman dasar dari integrasi media sosial WordPress. Anda bisa menginstall fitur tingkat lanjut. Misalnya, dengan menghubungkan Instagram di WordPress, foto-foto Anda bisa secara otomatis terposting di website. Dengan begini, Anda bisa menghemat waktu karena tidak perlu lagi mempublish foto secara handbook baik di WordPress maupun Instagram. Integrasi seperti ini juga bisa dijalankan di platform lainnya.

Selanjutnya, kami akan menunjukkan berbagai cara menghubungkan WordPress dengan Facebook, Instagram, dan platform lainnya.

Di bagian ini, kami akan menunjukkan tiga cara untuk mengintegrasikan media sosial di WordPress. Anda bisa memanfaatkan plugin sosial media di WordPress, platform pihak ketiga, atau mencoba cara handbook. Kita akan membahas cara yang termudah lebih dulu.

1. Install Plugin Sosial Media di WordPress
Cara termudah untuk mengintegrasikan WordPress dengan media sosial adalah dengan menggunakan plugin. Terdapat sejumlah plugin yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan WordPress dengan Facebook serta platform lainnya. Salah satu contoh pluginnya adalah Social Media Share Buttons & Social Sharing Icons:

Tugas dari plugin ini adalah memudahkan Anda dalam menambahkan ikonsharing di setiap postingan WordPress. Dengan device ini, Anda dapat menghubungkan WordPress ke Facebook, Twitter, LinkedIn, Instagram, dan lusinan platform lainnya.

Pilihan plugin lainnya untuk mengintegrasikan WordPress dengan media sosial adalah Blog2Social. Tool ini menyediakan opsi untuk memposting konten ke berbagai platform. Misalnya, Anda dapat menghubungkan WordPress ke Instagram dan setiap kontennya akan terposting di kedua platform tersebut:

Plugin ini juga kompatibel dengan berbagai macam integrasi lainnya. Anda bahkan dapat mengatur plugin ini untuk memposting kembali konten lama dari waktu ke waktu, dan menjadwalkan publikasi media sosial. Plugin ini bisa diinstall di hampir semua platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, Tumblr, dan Instagram.

Kedua plugin di atas tentunya sudah bisa memberikan gambaran umum tentang proses integrasi sosial media di WordPress, meskipun memang masih ada plugin alternatif lainnya. Untuk saat ini, kami akan mencontohkan salah satu proses integrasi, yakni menghubungkan WordPress dengan Instagram.

Persiapkan berbagai hal yang diperlukan untuk proses integrasi, dan tak lupa juga aktifkan plugin sosial media di WordPress – Blog2Social:

Setelah set up dan aktifkan plugin, tabBlog2Social yang baru akan muncul di dashboard. Klik tab tersebut dan pilih opsiNetwork. Di dalam opsi tersebut, Anda akan menemukan daftar semua jaringan media sosial yang dapat dihubungkan oleh plugin ini ke WordPress.

Jika dilihat pada gambar di bawah ini, Anda bisa tahu bahwa ada beberapa platform yang hanya bisa diinstall dengan versi premium dari plugin ini. Namun, untungnya, platform Instagram dapat diintegrasikan dengan versi gratisnya. Pilih opsi+Profile untuk menghubungkan WordPress dengan Instagram:

Masukkan semua informasi terkait akun Instagram Anda ke plugin. Setelah itu, klik opsiauthorize:

Profil Anda akan muncul di bawah tabBlog2Social > Networks:

Buka tabBlog2Social > Posts & Sharing. Setelah terbuka, di dalam tab tersebut, Anda akan menemukan daftar dari postingan di weblog WordPress Anda. Jika klik opsiShare on Social Media di sisi kanan setiap postingan, maka Anda akan lihat daftar akun di mana Anda bisa membagikan konten. Bahkan Anda juga bisa mengonfigurasikan tampilan postingan di media sosial:

Menu drop-downShare Now akan muncul di bawah layar. Pada versi premium, Anda bisa langsung memposting konten tanpa harus menjadwalkannya terlebih dulu.

Salah satu keunggulan dari plugin ini adalah Anda bisa langsungattach link gambar fitur dan menambahkan teks publikasi langsung dari layar. Jadi, ini sangat menghemat waktu Anda.

Pilih opsiShare. Selesai! Cek profil Instagram dan Anda akan melihat postingan terbaru yang terhubung kembali ke postingan di website WordPress Anda. Lakukan proses ini berulang kali setiap kali Anda ingin membagikan konten dari WordPress ke Instagram. Hubungkan juga berbagai profil media sosial Anda ke WordPress dan bagikan sebanyak mungkin konten yang dibutuhkan.

Terkoneksi dengan Instagram merupakan salah satu contoh dari sekian banyak integrasi media sosial yang bisa Anda lakukan dengan plugin. Selanjutnya, mari kita bahas cara menambahkan social media di WordPress lainnya.

2. Menggunakan Platform Pihak Ketiga
Ada banyak platform yang memang dikhususkan untuk menghubungkan setiap layanan online, dan salah satunya yang menurut kami terbaik adalah IFTTT. Layanan ini memudahkan Anda dalam membuat ‘applets’ yang menghubungkan banyak platform. Misalnya, applet dibuat untuk menghubungkan WordPress dengan Facebook sehingga Anda bisa membagikan postingan baru secara otomatis:

Buka halaman IFTTT dan buat akun (tidak berbayar alias free of charge). Setelah akun berhasil dibuat, klik tabMy Applets yang ada di atas dashboard. Di halaman yang baru terbuka, Anda akan lihat opsiNew Applet:

Pilih jenis layanan lebih terdahulu. Dalam kasus ini, ketik WordPress:

Kemudian klik opsiConnect:

Masukkan URL WordPress dan informasi login agar dapat terhubung ke akun admin Anda. Lalu klik opsiConnect:

Setelah berhasil membuat koneksi ke WordPress dengan IFTTT, pilihtrigger agar aplikasi dapat dijalankan. Awalnya hanya ada beberapa pilihan pada platform, tapi jika dilihat dengan saksama, terdapat lusinan opsi yang tersembunyi. Opsi tersebut dapat diakses dengan mengklikSuggest a new set off yang ada di bawah layar.

Tapi untuk sekarang ini, Anda hanya perlu pilihAny new publish:

Seperti yang terlihat pada deskripsitrigger, aplikasi akan berfungsi secara otomatis setiap kali Anda memposting konten baru di WordPress. Hal ini menunjukkan bagian ‘if’ dari applet.

Untuk mengatasi bagian ‘that’. buka dan klik+ that di layar berikutnya:

Sekali lagi, pilih layanan yang ingin Anda integrasikan. Misalnya, kami akan menghubungkan WordPress dengan Facebook. Ketikkan ‘Facebook’ di kolom pencarian:

Setelah memilih layanan, tentukan tindakan Anda selanjutnya. Dalam hal ini, pilihCreate a link publish. Segera setelah memposting konten baru di website, linknya secara otomatis akan mengarah ke Facebook:

Pilih tampilan postingan di Facebook. Standarnya, postingan akan menyertakan URL WordPress. Ini berarti Facebook juga menarik metadata apa pun yang ditemukan, seperti deskripsi postingan dan gambar fitur.

Buat dan tambahkan pesan pre-recorded Anda ke masing-masing postingan yang hendak dibagikan:

Jika sudah puas dengan semua aspek di pengaturannya, klikCreate motion. IFTTT akan menunjukkan tampilan akhir applet dan akan diaktifkan secara default:

Jika ingin mematikan applet, buka tabMy Applets. Trigger untuk mematikan applet akan muncul di bawah layar:

IFTTT dapat digunakan di sejumlah layanan dan, di sisi lain, juga menawarkan ratusan applet. Pastinya akan sangat menyenangkan mengintegrasikan media sosial ke WordPress dengan aplikasi pihak ketiga ini.

3. Memanfaatkan FiturEmbeddi Platform Media Sosial Anda
Hampir semua platform media sosial memungkinkan Anda untukembed postingan secara manual ke website. Sejauh ini, kami hanya berfokus pada konten yang dibagikan dari WordPress ke sosial media. Namun kali ini, kita akan melakukan kebalikannya.

Setiap fiturembed di platform memiliki sistem kerja yang berbeda-beda. Misalnya, klik ikon ‘titik tiga’ di postingan apa pun di Facebook. Anda akan melihat opsiEmbed:

Dengan mengklik opsi tersebut, Anda bisa melihat tampilan postingan jika di-embed. Kode snippet akan muncul dan dapat Anda masukkan ke website:

Untuk menjalankan kode snippet tersebut, buka editor WordPress pada halaman atau postingan mana saja yang ingin Anda bagikan. Setelah itu, ganti ke editorText danpaste kode:

Jika area diganti kembali ke editorVisual, maka Anda akan lihat postingan Facebook yagn tertera di sana serta front finish situs Anda:

Proses yang sama juga berlaku terhadap platform lainnya. Cari saja kodeembed danpaste kode tersebut ke editorText (karena editorVisual tidak dapat mengenali kode).

Sebagai contoh, hubungkan LinkedIn dengan WordPress. Untuk mendapatkan kode embed LinkedIn, cari ikon tiga titik di bagian atas postingan mana saja dan pilihEmbed this submit:

Salin kode embed LinkedIn dan ulangi prosesnya dengan cara yang sama seperti sebelumnya ketika Anda hendak menghubungkan WordPress dengan Facebook.

Berdasarkan yang kami ketahui, hampir semua platform media sosial utama menawarkan fiturembed. Anda hanya perlu meluangkan waktu sebentar untuk mencari fitur ini. Sebenarnya, ada banyak cara menghubungkan WordPress dengan Facebook dan platform media sosial lainnya. Bahkan seolah-olah tanpa batas.

Kesimpulan
Anda punya selusin opsi untuk mengintegrasikan platform media sosial yang digunakan dengan WordPress. Dengan proses integrasi, Anda tidak perlu membuat akun disetiapplatform. Munculnya ikon media sosial mampu meraih lebih banyak follower dari berbagai sudut dan belahan dunia. Selain itu, integrasi media sosial juga memberi kesempatan bagi konten web site Anda untuk dapat dikenali oleh banyak orang.

Ada tiga cara menambahkan social media di WordPress, yakni menggunakan plugin sosial media di WordPress, memanfaatkan platform pihak ketiga, dan mengintegarasikan secara handbook, tergantung pada tipe fitur yang digunakan.

Apakah Anda punya pertanyaan terkait cara menghubungkan WordPress dengan Facebook dan media sosial lainnya yang telah kami paparkan? Beri tahu kami melalui kolom komentar di bawah ini!